15 Maret 2010

Selamat Hari Raya Nyepi 2010

Hari ini tepatnya tanggal 16 Maret 2010 seluruh umat hindu khususnya di Indonesia merayakan Hari Raya Nyepi atau perayaan tahun baru saka yang jatuh pada penanggalan apisah sasih Kedesa (eka Sukla Paksa Waisak) sehari setelah tilem Kesangan ( Panca desi Krsna Paksa Caitra). Sebenarnya saya tidak begitu tahu banyak tentang Hari Raya Nyepi, tapi rasa ingin tahun dan menambah wawasan membuat saya mencoba - coba searching di internet karena dengan tahu kita lebih jauh kita bisa toleransi terhadap agama lain yang ada di Indonesia. Hakekat. Penyucian Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit (makro dan mikrokosmos) untuk mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan lahir batin (jagadhita dan moksa), terbinanya kehidupan yang berlandaskan satyam (kebenaran), siwam (kesucian), dan sundaram (keharmonisan/ keindahan). Bisa saya simpulkan dari hakekat diatas adalah setelah semua umat hindu bisa kembali pada jalan yang benar menurut saya intinya yang berlandasakan pada jagadhita dan moksa, satyam, siwam dan sundaram. 
Latar Belakang Sejarah Hari Raya Nyepi ialah merupakan Penobatan Raja Kaniskha I dan juga mulainya Tahun baru çaka mulai diresmikan pada penobatan Raja Kaniskha dan Dinasti Kushana pada tahun 78 Masehi. Untuk di Indonesia Tahun çaka Pada zaman dahulu, berdasarkan berbagai daftar prasasti hanya dikenal tahun çaka saja. Menurut Negarakertagama, pada zaman Majapahit pergantian tahun çaka (bulan Caitra ke Waisaka) dirayakan secara besar-besaran. Ok itu sedikit ulasan saya tentang Hari Raya Nyepi, saya Megi Tristisan mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2010 kepada seluruh umat hindu yang melaksanakanya khususnya di Indonesia " Perenungan Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik ".

0 komentar: